Minggu, 18 Maret 2018

Kesimpulan Jurnal Tentang Gunung Api


Sutikno Bronto
Sutikno Bronto adalah seorang Geologi ahli gunung api dan seorang penulis sebuah jurnal tentang Gunung Api. Bliau lahir di Desa Tunjungan, Ngombol, Jawa Tengah, pada 24 Januari 1953, sebagai anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan Brontosudiro dan Wagisah.

Beliau menulis sebuah jurnal tentang gunung api, dan menyimpulkannya.
B
erikut kesimpulan dari jurnal yang beliau tulis:
1.      Fasies gunung api terdiri atas fasies sentral, fasies proksimal, fasies medial, dan fasies distal. Pada gunung api muda, berumur Kuarter masa kini, pembagian fasesnya relatif mudah karena didukung  oleh bentuk bentang alam berupa kerucut kompositnya yang masih sangat jelas. Fasies sentral terletak di daerah puncak, fasies proksimal di lereng atas, fasies medial di lereng bawah, dan fasies distal berada di kaki dan dataran sekitarnya.
2.      Untuk gunung api purba, berumur tersier atau lebih tua, dimana bentuk kerucut kompositnya sudah tidak jelas, identifikasi fasies gunung api perlu di teliti berdasarkan pada pendekatan analisis inderaja- geomorfologi. Statigrafi batuan gunung api. Vulkanologi fisik, struktur geologi, serta petrologi geokimia.
3.      Pembagian fasies gunung api  dapat dimanfaatkan untuk mendukung pencarian sumber baru mineral dan energi. Penataan lingkungan hidup termasuk tata ruang dan penyediaan air bersih, serta mendukung usaha penanggulangan bencana geologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar